Powered By Blogger

Halaman

Jumat, 22 Oktober 2010

The Melancholy of Haruhi Suzumiya: "Bagaimana jadinya jika seorang siswi SMA memiliki kekuatan layaknya "Tuhan"??"

The Melancholy of Haruhi Suzumiya (涼宮ハルヒの憂鬱 Suzumiya Haruhi no Yūutsu?) adalah seri pertama dari sembilan seri novel Haruhi Suzumiya yang ditulis oleh Nagaru Tanigawa dan diilustrasikan oleh Noizi Ito.

Versi anime dari cerita ini diproduksi oleh Kyoto Animation dan menitikberatkan pada plot seri pertama dari novel walaupun mengambil banyak referensi dari seri-seri lainnya dan juga satu cerita original yang dibuat oleh sang pengarang sendiri untuk versi anime.

The Melancholy of Haruhi Suzumiya bercerita tentang kehidupan sehari-hari Haruhi dan teman-temannya yang terlibat dalam berbagai hal yang mereka lakukan. Seluruh bagian dari cerita ini dinaratori dan dilihat dari sudut pandang Kyon meskipun tokoh utama dari cerita ini adalah Haruhi.



Haruhi Suzumiya, seorang siswi North High School secara tidak sadar mempunyai kekuatan layaknya "Tuhan" yang hanya bisa dibatasi oleh akal sehatnya sendiri, yaitu mengubah, menghilangkan, dan bahkan menghapuskan dunia dan menciptakan dunia baru jika dia merasa terlalu bosan dengan keadaanya saat ini. Haruhi yang juga percaya akan keberadaan alien, time traveler, esper, dan juga slider bahkan dapat menjadikan hal itu menjadi kenyataan.



Di satu sisi, Kyon yang hanya manusia biasa secara tidak sengaja memberi ide pada Haruhi untuk membuat suatu kelompok pencari hal-hal absurd dan misterius yang eksis di dunia ini, kemudian terpaksa ikut menjadi anggota kelompok yang dibuat oleh Haruhi. Bersama 3 teman lainnya (Yuki Nagato, Mikuru Asahina, Itsuki Koizumi) mereka membentuk suatu kelompok yang kemudian diberi nama SOS-dan (dan = Brigade).

Seiring dengan berjalannya waktu, setiap anggota SOS Brigade memperkenalkan siapa mereka sebenarnya kepada Kyon dan kemudian mengatakan bahwa mereka bukanlah manusia biasa, melainkan alien (Yuki Nagato), time traveler (Mikuru Asahina), dan juga esper (Itsuki Koizumi). Mereka memiliki tujuan-tujuan tertentu dan diantaranya adalah untuk mengamati Haruhi dan mencegah ia dari kebosanan yang dapat diartikan sebagai akhir dari dunia. Akan tetapi, karena Haruhi memiliki suatu perasaan yang berbeda terhadap Kyon, secara tidak langsung Kyon menjadi sebuah kunci dimana ia dapat mengurangi frekuensi kemunculan "Closed Space" (dunia yang dibuat di dalam alam bawah sadar Haruhi yang muncul jika Haruhi sedang dalam keadaan yang tidak stabil). Lalu, seperti apa masalah yang akan datang menghadang Kyon dan yang lainnya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar