Powered By Blogger

Halaman

Sabtu, 23 Oktober 2010

Dr. NakaMats: "Penemu terbesar abad ini"

Kenalkah anda dengan Yoshiro Nakamatsu (中松 義郎, Nakamatsu Yoshirō)?? Saya jamin anda tidak mengenalnya bukan? Seorang pria kelahiran 26 Juni 1928, Yoshiro Nakamatsu atau yang lebih akrab dikenal sebagai Dr. NakaMats adalah seorang penemu dari Jepang yang bisa dibilang setara dengan Thomas Alfa Edison yang kita kenal telah berhasil menemukan sekitar 1.000 penemuan. Mengapa begitu?? Anda tentu mengetahui Floppy Disk bukan? Ialah yang menemukan basic technology dari floppy disk yang sekarang telah dikembangkan menjadi Flash Disk. Selain itu, alasan lain mengapa ia bisa disamakan dengan Thomas Alfa Edison yaitu karena dia telah berhasil menemukan sekitar 3.000 penemuan bila dibandingkan dengan Thomas Alfa Edison yang hanya berhasil menemukan 1.000 penemuan. Hebat bukan??

Mari mengenal lebih dekat tentang latar belakang seorang Dr. NakaMats ini.

Yoshiro Nakamatsu sudah mulai membuat temuannya saat usia 5 tahun. Ia sangat menyayangi ibunya dan ia merasa kasihan kepada ibunya ketika melihat ibunya hendak menuangkan kecap dari tempat penyimpanan besar ke dalam sebuah mangkuk kecil. Kemudian ia mendapatkan ide untuk membuat sebuah alat pemompa yang bisa memindahkan kecap tersebut tanpa harus mengangkat tempatnya. Meskipun ibunya kini telah tiada, tapi dia menyimpan abunya di dalam sebuah alat temuannya. Ia berkata bahwa meski jasad ibunya telah meninggal, tetapi jiwanya selalu berada di sampingnya. Ia bahkan berkata bahwa ia sering berkomunikasi dengan ibunya, kemudian sesaat setelah itu ia mendapatkan ide-ide yang cemerlang dan mulai membuat penemuan. Selain itu, ia selalu mendapat inspirasi ketika sedang menyelam. Namun, inspirasi tersebut mudah hilang sesaat setelah ia muncul ke permukaan. Jadi, ia membuat sebuah penemuan yaitu nota dan pensil yang bisa digunakan di dalam air sehingga ia dapat mencatat semua ide yang ia dapat saat sedang menyelam.


Yoshiro Nakamatsu selalu membuat temuan-temuan yang bermanfaat bagi orang lain seperti sepeda dengan mesin yang menggunakan bahan bakar air, sepatu jogging yang sangat ringan dengan memasangkan per dibawahnya, bahkan sampai membuat sebuah kursi yang jika kita beristirahat diatasnya selama 1 jam maka dapat menyegarkan otak hingga setara dengan tidur selama 8 jam yang ia namakan "Brainsturbator".

Brainsturbator

Dr. NakaMats ini juga memiliki hobi-hobi yang aneh. Contohnya, ia senang mengoleksi kamera. Tetapi cara ia melihat bagus tidaknya suatu kamera itu tidak dengan melihat teknologinya atau kekuatan lensanya, melainkan dengan mencium baunya. Jika baunya enak, maka itu pasti adalah kamera yang bagus menurutnya.

Meski telah menginjak usia 82 tahun, Dr. NakaMats tetap manganggap bahwa dirinya masih muda. Ia memiliki satu tujuan, yaitu dia akan terus membuat temuan hingga mencapai 6.000 penemuan sebelum ia meninggal pada usia 144 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar